Sambutan Kaprodi

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Selamat datang di Kampus Fakultas Agama Islam Prodi Ekonomi Syariah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.  Prodi Muamalat merupakan prodi termuda di FAI Universitas Muhammadiyah Yogyakarta , dibanding dengan dua prodi lainnya yaitu KKI (Komunikasi & Konseling Islam) dan PAI (Pendidikan Agama Islam).

Latar belakang didirikan Prodi Ekonomi Syariah,  karena  pada saat itu Indonesia sedang  dilanda krisis ekonomi. Oleh karena itu prodi ini mencoba merealisasikan dan menjawab tantangan perekonomian yang sedang mengalami kelesuan pada tahun 1998.

Berdasarkan Surat keputusan Direktur jenderal Pembinaan kelembagaan Agama Islam Nomor :E/76/1999, prodi ini resmi terdaftar. Pada tahun 2010 memperoleh Akreditasi A dan kembali memperoleh Akreditasi A pada tahun 2015 yang ditetapkan berdasarkan SK BAN PT Depdikbud RI Nomor 324/SK/BAN-PT/S/V/2015. Salah satu visi Prodi muamalat menjadi program studi yang terdepan dan mencerahkan di bidang ekonomi dan perbankan Islam berlandaskan semanagat ijtihad dan profesional . Untuk mencapai visi dan misi  yang telah ditetapkan,  maka prodi kami telah berupaya  meningkatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan baik di bidang ekonomi maupun perbankan Islam. Mahasiswa mendapatkan pengajaran tentang konsep-konsep atau teori-teori perbankan dan  praktik perbankan syari’ah.

Oleh karena itu pengajaran dan pembimbingan kepada mahasiswa harapan ke depannya dapat mencetak  profil lulusan Ekonomi dan Perbankan Islam   sebagai seorang peneliti yang kompeten  dan praktisi yang profesional , responsif dan visioner

Akhir kata,  demikian yang dapat saya sampaikan mudah-mudahan dapat mengantarkan putra-putri yang cerdas dan manfaat untuk bangsa dan Negara.

Wassalamu’alaikum wr.wb

Hormat Saya

Ketua Program Studi Ekonomi Syariah

Dr.Maesyaroh, M.A.